Rabu, 23 Mei 2012

The Modern Organization Functioning in a Global Environment


The Latest Electronic Commerce Developments in the Digital Age
Sesuai dengan perkembangan internet mulai dari tahun 1977 hingga sekarang, internet sangat mempengaruhi hampir seluruh sisi kehidupan manusia. Diperkirakan hampir 80% masyarakat di dunia ini sudah dapat dijangkau internet. Pada saat ini, aktivitas manusia sudah didukung dengan kehadiran teknologi internet yang semakin berkembang pesat. Perkembangan teknologi informasi menyebabkan terjadinya perubahan kultur kita sehari-hari. Hal ini mempengaruhi terjadinya peralihan traditional bisnis menuju electronic-business. Salah satu bukti nyata yang dapat kita lihat adalah terjadinya transaksi jual-beli barang dengan teknologi e-commerce. E-commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi melalui komunikasi jaringan elektronik khususnya internet.
E-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk atau service dan informasi serta mengurangi biaya. Beberapa jenis E-commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct marketing, search jobs, online banking, e-government, e-purchasing, B2B exchanges, c-commerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan consumer services.
E-commerce sangat berkembang pesat di dunia bisnis saat ini. Hal ini dikarenakan melalui E-commerce biasanya harga barang yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan membeli di toko. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi juga singkat, biaya yang dibutuhkan juga berkurang.
Salah satu contoh e-commerce yang paling jelas adalah kasus auction/pelelangan. Hampir semua orang telah pernah mendengar tentang eBay, sebagai pelopor perdagagan online antara satu dengan yang lain. eBay didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar, yang sekarang ini tengah menyediakan juataan barang utuk dilelang dan ratusan ribu item setiap hari dimana penawar bebas untuk memilih.


Deskrispi Auction
Auction atau pelelangan adalah salah satu contoh transaksi jual-beli barang. Umumnya, pelelangan dilakukan untuk menawarkan barang yang akan dijual ke consumer yang dilaksanakan pada suatu tempat dan waktu tertentu. Transaksi pelelangan seperti ini kurang efisien, karena menghabiskan biaya yang sangat banyak (biaya lokasi, pemindahan barang, human resource, dan lain-lain). Selain itu, transaksi pelelangan juga terbatas karena hanya diikuti oleh orang-orang yang berada di lokasi pelelangan. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dibangun suatu aplikasi e-commerce pelelangan barang supaya transaksi pelelangan tersebut lebih efisien dan terbuka ke seluruh lapisan masyarakat yang terhubung dengan internet.
Tipe Bisnis Auction
Tipe bisnis auction adalah Business-To-Consumer (B2C) yang menggambarkan sebuah interaksi antara perusahaan bisnis yang melakukan pelelangan kepada consumer. Berikut ini adalah arsitektur sederhana auction secara umum.

Gambar 1. Arsitektur Auction Sederhana
Pada gambar 1 digambarkan bahwa terdapat dua sistem yang terlibat dan saling berkomunikasi satu dengan yang lain, yakni Auction dan Bank SystemTerdapat dua jenis e-business yang terjadi pada sistem secara keseluruhan, yakni B2C (Business to Customer) dan B2B (Business to Business). Costumer dan Auction mengadakan hubungan bisnis, dimana customer dapat melakukan pemesanan barang yang dilelang melalui aplikasi berbasis web (1) yang disediakan oleh aplikasi pelelangan online.
Hubungan bisnis seperti itu digolongkan dalam jenis e-business B2C (2). Web Auction akan menggunakan web server dan database (3). Auction System akan memberikan sebuah kode pelelangan bagi user penawar terakhir. User tersebut akan masuk ke Bank System untuk melakukan pembayaran dengan cara memasukkan kode pelelangan (4,5,6). Untuk mengetahui informasi barang yang akan dibayar, Bank System akan mengakses service dari Auction System. Hubungan bisnis antara Auction System dan Bank System adalah bisnis to bisnis (B2B) (7).
Model Bisnis Auction
Model e-business yang digunakan dalam membangun E-commerce Auction adalah auction model. Aplikasi yang menerapkan auction model akan memampukan  pembeli dan penjual bertemu dan dihubungkan melalui suatu transaksi elektronik (online) yang dapat diakses secara cepat, aman dan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Di masa mendatang lelang akan memiliki dampak yang sangat besar di banyak aspek bisnis di web. Auction menggunakan  mekanisme pasar untuk memecahkan masalah bisnis yakni menyangkut harga. Menetapkan harga biasanya rumit sebagaimana manajer produksi tahu, terutama sudah dekat dengan release produk baru. Harga produk terlalu tinggi dan juga jumlah persediaan, pasar ingin membeli di bawah harga dan penurunan terjadi dan menyebabkan kerugian. Mencari keseimbangan menghabiskan banyak waktu, dan memang terkadang menjadi tersingkir di pasar akibat persaingan. Dengan lelang, tidak ada istilah tebak-menebak, namum pasar yang menentukan harga diatas minimum. Harga berbasis lelang kadang-kadang dinamis berbeda dengan mekanisme harga yang statis.
Untuk memanfaatkan potensi penuh dari lelang, kita harus menyadari bahwa banyak kemungkinan permutasi model ini dapat diasumsikan terutama di webAuction yang umum digunakan adalah the open-cry ,the sealed bid auction, dan the Dutch auction. Namun, ada beberapa dimensi yang dapat bervariasi dalam lelang untuk yang sangat tipis namun menghasilkan perbedaan penting dalam proses maunpun hasil.
Penerapan auction di Indonesia pada saat ini masih kurang berkembang. Hal ini dikarenakan banyak pengguna internet yang masih ragu dalam hal keamanan berbelanja online yang dipengaruhi oleh kebiasaan dalam membeli barang tersebut, perlu ada kontak langsung, biaya internet masih mahal, dan belum semua wilayah Indonesia dapat dijangkau internet. Pembeli khawatir tentang integritas penjual, akan diterimanya produk seperti yang diiklankan, jaminan dari penjual akan barang tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar